recent posts

banner image

Peringatan Hari Kartini Tahun 2019

Minggu 21 April 2019, SMA Negeri 1 Sambungmacan mengadakan upacara memperingati Hari Kartini. Bertempat di halaman sekolah, kegiatan ini diikuti oleh dewan guru, staff dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Sambungmacan. Ibu Sri Sutarni, M.Pd selaku pembina upacara menyampaikan bahwa apa yang sudah dilakukan RA Kartini sangatlah besar pengaruhnya pada kebangkitan bangsa ini.

Mengingat apa yang Kartini perjuangkan kala itu dimasanya adalah dimana kaum perempuan begitu tertinggal dibandingkan apa yang didapat oleh kaum pria. Sehingga ia mempelopori para perempuan agar mendapatkan hak yang setara dengan kaum pria dapatkan khususnya hak mendapatkan pendidikan. Kiranya sudah berpuluh-puluh tahun lewat apa yang Kartini dahulu perjuangkan bisa kita bersama lihat bahwa kaum perempuan saat ini berkembang menjadi sosok maupun figur yang tidak lagi dianggap sebelah mata. Kaum perempuan saat ini menunjukkan kemampuan yang dimiliki tidaklah kalah dan mampu bersaing dengan para kaum pria. Tidak sedikit bermunculan sosok perempuan-perempuan yang berprestasi dan mengharumkan nama bangsa layaknya yang telah Kartini lakukan.

Untuk menanamkan sejak dini nilai-nilai tersebut, SMA Negeri Sambungmacan sebagai lembaga pendidikan pencetak generasi penerus bangsa turut berperan serta dalam memperingati hari Kartini. Pada hakikatnya peringatan hari Kartini dinaungi nilai-nilai yang tertuang pada perilaku dan cita-cita Kartini. Oleh karena itu semangat yang dapat diemban perempuan abad ini adalah pengembangan kreativitas agar perempuan memiliki hak dan mendudukkan diri sejajar dengan laki-laki. Bahkan ketika perempuan diposisikan sebagai pendamping laki-laki, maka perempuan harus menjadi pendamping aktif dalam menata kehidupan keluarga, masyarakat dan negara.

Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 Reviewed by Fakhrudin Sujarwo on 20.26 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.