AD (728x90)

Selasa, 07 Januari 2014

IHT Kurikulum 2013

Share it Please

Pada tanggal 5 s.d. 6 Januari 2014, SMA Negeri 1 Sambungmacan menggelar agenda Kegiatan In House Training (IHT) Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) tentang Kurikulum 2013 dan Implementasinya. Kegiatan tersebut diikuti oleh kepala sekolah semua guru mata pelajaran. Hadir sebagai narasumber adalah Bapak Agus, Bapak Amir Zubaidi, Bapak Indriyanto, Bapak Sunarno dan Bapak Suparman.
Berikut panduan IHT selengkapnya.
A. LATAR BELAKANG
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 butir 19 menjelaskan bahwa kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Surat Edaran Nomor: 156928/MPK.A/KR/2013 tanggal 8 November 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013 menyatakan bahwa pada tahun pelajaran 2014/2015, Kemdikbud bersama Kementerian Agama akan mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada semua tingkatan pendidikan: SD/MI kelas I, II, IV, dan V, SMP/MTs kelas VII dan VIII, dan SMA/MA/SMK/MAK kelas X dan XI di seluruh Indonesia.
Berkaitan dengan hal tersebut, SMA Negeri 1 Sambungmacan berupaya untuk memberikan bekal awal kepada guru agar mampu memahami konsep dan desain implementasi Kurikulum 2013 pada tahun 2014/2015 sehingga mampu melaksanakan Kurikulum 2013 dengan baik. Salah satu upaya yang ditempuh adalah menyelenggarakan kegiatan In House Training (IHT) Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) tentang Konsep Kurikulum 2013 dan Implementasinya.
IHT MBS tentang Kurikulum 2013 dan Implementasinya merupakan pelatihan internal sekolah dengan menghadirkan narasumber dari kalangan pakar dan praktisi pendidikan yang berkompeten yang diberikan kepada guru di SMA Negeri 1 Sambungmacan. Agar kegiatan IHT tersebut dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, perlu disusun “Panduan  IHT MBS tentang Kurikulum 2013 dan Implementasinya” untuk dijadikan sebagai acuan oleh pihak yang melaksanakan pelatihan tersebut.
B. TUJUAN IHT
Tujuan Umum
Tujuan umum IHT MBS tentang Kurikulum 2013 dan Implementasinya adalah agar terjadi perubahan pola pikir (mindset) guru dalam mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan pendekatan dan evaluasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan baik dan benar.
Tujuan Khusus
Tujuan khusus IHT MBS tentang Kurikulum 2013 dan Implementasinya adalah agar peserta mampu memahami materi IHT yang terdiri dari:
Rasional Kurikulum 2013.
Elemen perubahan kurikulum.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD).
Strategi implementasi Kurikulum 2013.
Isi Buku Guru.
Isi Buku Siswa.
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Cara penilaian sesuai tuntutan Kurikulum 2013.
Cara melaksanakan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum 2013.
C. SASARAN
Sasaran IHT adalah kepala sekolah, semua guru, dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Sambungmacan.
D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Secara umum kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh para peserta setelah mengikuti IHT antara lain sebagai berikut:
Konsep Kurikulum 2013:
Kemampuan menjelaskan rasional Kurikulum 2013 dalam kaitannya dengan perkembangan masa depan;
Kemampuan menjelaskan elemen perubahan Kurikulum serta hubungan antara elemen-elemen tersebut dengan kompetensi yang dibutuhkan di masa depan;
Kemampuan menganalisis keterkaitan antara KD, KI, dan SKL, serta tahapan dan aktivitas yang harus dilakui untuk memperoleh ketiga kompetensi tersebut;
Kemampuan menjelaskan elemen-elemen penting dari implementasi Kurikulum 2013 ditinjau dari standar nasional pendidikan.
E. PELAKSANAAN
Waktu dan Tempat
IHT dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 5 s.d. 6 Januari 2014 di Ruang Pertemuan Hotel Wijayakusuma Tawangmangu.
Pengarah dan Narasumber
Pengarah
Pengarah pada kegiatan IHT adalah Kepala Dinas Pendidikan c.q. Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen yang akan memberikan pengarahan pada saat acara pembukaan.
Narasumber
Narasumber dalam IHT adalah pakar dan praktisi pendidikan yang kompeten dan memiliki pengalaman dalam soal konsep dan implementasi Kurikulum 2013, yaitu:
(1) Agus, M.Pd. (Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen)
(2) Amir Zubaidi, M.Pd. (Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen)
(3) Indriyanto (Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen)
(4) Sunarno (Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen)
(5) Suparman (Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen)
Peserta
Peserta IHT adalah kepala sekolah dan semua guru mata pelajaran SMA Negeri Sambungmacan sebanyak 63 orang.
Panitia
Panitia Pelaksana Pelatihan terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan  anggota.
F. PENUTUP
Kegiatan IHT MBS tentang Kurikulum 2013 dan Implementasinya bagi guru SMA Negeri Sambungmacan ini merupakan salah satu tahapan dari pola penyebarluasan informasi tentang Kurikulum 2013. Selain itu, kegiatan ini diharapkan menjadi wahana untuk mengubah pola pikir (mindset) dari guru aktif mengajar menjadi peserta didik aktif belajar atau dari teacher oriented menjadi student oriented.

Written by Administrator

Official Website SMA Negeri 1 Sambungmacan. Sekolah ditapal Batas, Kreativitas Prestasi Tanpa Batas. Alamat : Jalan Raya Timur Km. 15 Sambungmacan Sragen Propinsi Jawa Tengah 57253

0 komentar:

Posting Komentar


© 2016 | SMAN 1 SAMBUNGMACAN. All rights resevered. Designed by Fahdisjro El Besra | Template by Templateism