Sambungmacan, 6 September 2024 - SMA Negeri 1 Sambungmacan menggelar kegiatan Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan tema "Strategi Kolaborasi Penyusunan P5". Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), sebagai bagian dari upaya mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah.
Acara yang dihadiri oleh seluruh guru SMAN 1 Sambungmacan ini menghadirkan Sulasih, S.Pd., sebagai narasumber utama. Dengan pengalaman dan pemahamannya yang mendalam tentang Kurikulum Merdeka dan P5, Sulasih membagikan strategi efektif dalam menyusun dan mengimplementasikan projek-projek berbasis P5, yang dapat memperkuat profil pelajar Pancasila di sekolah.
Sulasih menjelaskan pentingnya kolaborasi antar guru dalam menyusun kegiatan P5 yang tidak hanya relevan dengan mata pelajaran, tetapi juga mengakomodasi minat dan kebutuhan siswa. “Kolaborasi adalah kunci keberhasilan dalam penyusunan projek P5. Dengan kerjasama yang baik antar guru, kita bisa merancang projek yang kreatif dan inovatif, serta memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan karakter dan kompetensi sesuai dengan profil Pelajar Pancasila,” ujarnya.
Kegiatan ini dipandu oleh moderator Fakhrudin Sujarwo, yang juga memberikan wawasan tambahan terkait pelaksanaan P5 di sekolah. Fakhrudin menekankan pentingnya refleksi dan evaluasi dalam setiap projek P5, agar kegiatan ini tidak hanya menjadi formalitas, tetapi benar-benar memberikan dampak positif pada pembelajaran siswa.
Melalui acara ini, para guru diharapkan dapat menerapkan hasil diskusi dan strategi yang telah dibahas dalam pembelajaran sehari-hari, sehingga P5 dapat berjalan dengan optimal dan berkelanjutan. Dengan begitu, pelajar di SMAN 1 Sambungmacan diharapkan mampu menjadi generasi yang berkarakter, kompeten, dan siap menghadapi tantangan masa depan.
SMAN 1 Sambungmacan Gelar Berbagi Praktik Baik IKM: Strategi Kolaborasi Penyusunan P5
Reviewed by Fakhrudin Sujarwo
on
18.12
Rating:
Tidak ada komentar: